Ujikom TKJ Moda Daring

Hari Rabu tanggal 20 Mei tahun 2020 menjadi sejarah baru dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Yadika Bangil. Seperti yang kita ketahui dan kita sadari tidaklah mudah untuk melakukan semua kegiatan serba #dirumahsaja. Bahkan kegiatan ini yang biasa rutin dilaksanakan di sekolah seakan terancam ditiadakan layaknya UNBK, akan tetapi semua di serahkan pada kebijakan masing-masing sekolah penyelenggara.

Dengan memperhatikan kelayakan kemampuan siswa kami, baik kepala sekolah, Kaprodi dan beberapa guru pengampu mata pelajaran produktif, tetap berpikir dan mengusahakan kegiatan UKK tetap dilaksanakan dengan prosedural WFH tersebut. Gayung pun bersambut dengan begitu romantis pihak DI/Du (Dunia Industri/Dunia Usaha) ikut mengaminkan dan memberikan solusi terebaik untuk niatan serta harapan yang mulia ini.

Kami pun menyadari efek dari Pandemic Covid-19 cukup membuat suasana sosial sedikit berjenjang dan berjarak, ada yang tetap mampu kerja dirumah, ada juga yang masih sanggup bekerja di luar rumah. Namun hal ini seperti menjadi magnet kemalasan untuk “sebagian orang”, mereka terkadang sedikit ragu dengan apa yang mereka pilih dan yang mereka inginkan. Layaknya prosedur WFH pengumuman pelaksanaan UKK pun di sebar luaskan ke lingkaran-lingkaran sosial siswa bersemayam. Berbagai tanggapan pun mulai terbit, ada yang merasa tidak mampu, ada yang ingin namun susah diajak berjuang ada pun yang merasa ingin melepas sedari awal, namun bertahan hingga akhir ikut serta dalam mengukir sejarah bersama pada saat pandemic ini.

Pihak DU/DI yang sudah sering terlibat dengan kami yakni Bapak Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT selaku CEO AMIGROUP (PT. Awak Media Indonesia), beliau tidak pernah bosan untuk memberikan semangat kepada kami baik kepada guru, kepala sekolah terutama siswa. Banyak pesan-pesan moral dan motivasi yang beliau sampaikan. Terutama soal berproses tumbuh dari bukan siapa-siapa tidak berdaya menjadi pribadi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat secara luas terutama untuk dunia pendidikan, menurut beliau dunia sekolah adalah ladang untuk akhirat yang kekal.

Bertepatan dengan peringatan hari kebangkitan Nasional dan dicanangkannya seruan “The New Normal” semua keraguan yang ada dalam diri siswa peserta UKK seakan ikut memudar, berbagai macam konseling bimbingan mereka lakukan dalam pembuatan UKK dalam moda Portofolio, dan dikerjakan secara mandiri dan uniknya ada beberapa peserta yang tidak memiliki Laptop untuk mengerjakan laporan portofolio ini menjadi nyata, akan tetapi jika sebuah niat dan kemauan sudah berada dipuncak, keharusan apa pun akan diterjang dan mereka pun sebuah kebanggan tersendiri bagi mereka yang sudah merampungkannya dengan begitu gagah dan terseok-seok dengan segala jenis revisian. Berjibaku dengan kekurangan tersebut hingga mereka dinyatakan “Layak” memperoleh sertifikat UKK.

Harapan kami apa yang sudah diraih dan menjadi capaian semua siswa menjadi bekal, baik yang telah selesai merampungkan semua kewajiban pada saat ujian dan untuk mereka yang sedikit ragu dengan kemampuan masing-masing. Jangan pernah panik, jangan pernah bingung. Kalian sudah memiliki bekal sebagai persona (siswa) yang mumpuni dalam dunia Informatika, oleh sebab itu jangan hanya diam dan merasa cukup dengan capaian saat ini. Jadilah pribadi yang haus akan informasi, wawasan serta berkarya. Sebab dunia ini bukan untuk merka yang dianugerahi kemampuan saja, juga terbuka lebar untuk mereka yang memiliki kemauan, kesungguhan serta keinginan untuk selalu tumbuh dan berproses untuk menjadi lebih berguna dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Akhir kata kami salut dan berbangga hati karena siswa SMK YADIKA dinyatakan KOMPETEN bidang NETWORKING oleh mitra DUDI Bapak Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT  meski dengan kondisi wabah Covid-19 tidak menyurutkan semangat berkarya #DiRumahAja. Inilah potret siswa SMK YADIKA yang Tetap Semangat Hebat, semoga Allah SWT terus melimpahkan berkah untuk kesuksesan anak-anaku semua terutama di bulan suci penuh rahmat ini. Kami adalah SMK bukan SMA/SMU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.