Buka Bersama

Pondok Romadhon 1441H – Daring

Marhaban Yaa Ramadhan 1441H. Untuk mengisi kegiatan fakultatif di bulan Ramadhan 1441H, kesiswaan SMK YADIKA Bangil mengadakan program Pondok Romadhon Daring. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga silaturahmi dengan siswa dan menuntun siswa untuk meningkatkan kecakapan-kecakapan pada bidang tertentu. Tidak seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya dimana siswa dikumpulkan di sekolah untuk mengikuti kursus dan kajian tentang ibadah puasa, Pondok Romadhon dalam masa darurat COVID-19 tahun ini dilakukan secara daring dan mengajak siswa untuk aktif menceritakan kegiatan mereka di rumah selama menjalankan ibadah puasa.

Pondok Roimadhon

Seluruh siswa kelas X dan kelas XI diikutsertakan dalam kegiatan Pondok Romadhon. Dengan tema utama menceritakan pengalaman menjalani bulan suci di rumah, siswa dikelompokkan ke dalam kelas-kelas dengan ditemani oleh pendamping tertentu yang telah ditunjuk.

Melalui kelas pada LMS yang disediakan dalam tautan di atas, siswa mengikuti kegiatan Pondok Romadhon sebanyak 3 (tiga) kali yang masing-masing dilangsungkan pada periode : 27 – 30 April 2020; 1 – 4 Mei 2020; dan 5 – 9 Mei 2020. Dalam setiap periode, peserta menulis cerita atau pengalaman (semacam jurnal/catatan) dalam forum pada LMS ( https://cbt.smk-yadika-bangil.sch.id/course/view.php?id=107 ) tentang kegiatan berbuka, kegiatan ibadah dan kegiatan sahur. Catatan tidak hanya dibatasi berupa cerita, namun dapat berupa keluh kesah, opini maupun pertanyaan seputar pengalaman mereka dalam menjalani ibadah puasa di bulan suci Romadhon, apalagi dalam kondisi darurat COVID-19 sekarang ini, dimana seluruh anggota masyarakat dihimbau untuk menerapkan social distancing dan kegiatan di sekolah dialihkan di rumah.

Yang unik dari kegiatan ini adalah bahwa peserta diminta untuk membuat catatan masing-masing kegiatan dalam 3 (tiga) bahasa. Kegiatan berbuka wajib diceritakan dalam bahasa daerah (Jawa), kegiatan ibadah ditulis dalam bahasa nasional (Indonesia), sementara kegiatan sahur harus ditulis menggunakan bahasa internasional (Inggris). Dengan penggunaan bahasa yang berbeda-beda ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan kecakapan hidup berbahasa sesuai amanat pendidikan melalui bentuk kegiatan kokurikuler.

Step 1

Step 2

66 Comments

  1. Romadhon bulan diturunkan Al-Qur’an
    Romadhon melatih kita menjadi insan yang bertaqwa. (Menjauhi larangan Allah Swt dan melaksanakan perintah Allah Swt)

  2. Alhamdulillah… Kegiatan pondok Ramadhan tahun ini tetap ada.
    Dalam situasi “serba dari rumah” semoga tidak mengurangi semangat siswa/I SMK YADIKA untuk tetap beraktifitas

  3. Semoga dengan adanya pondok ramadhan dalam situs ini bermanfaat bagi seluruh anggota smk yadika bangil… amiinnn…🤲

  4. Saya M. Arisyanto selaku Sekretaris osis dan wakil ketua paskibra smk yadika bangil mengucapkan Marhaban ya Ramadhan 1441 H untuk warga sekolah smk yadika bangil.dalam pesan singkat ini saya mengucapkan Alhamdulillah Pondok Romadhon ini tetap dijalankan seperti tahun lalu tetapi ditahun ini berbeda dikarenakan Dibulan suci ini kita semua melaksanan pondok romadhon Dirumah karena terdapat Kondisi darurat Covid-19 sekarang ini. Tetapi tetap bersemangat untuk menjalanakan Pondhok Romadhon dengan senang hati dan selalu menjaga diri.
    Semoga dengan diadakannya pondhok romadhon Daring Ini kita semua bisa menghambil hikmahbdan pelajaran untuk selalu membersihkan diri dan selalu taat kepada Allah SWt.
    #dirumahsaja

  5. Kuatkan iman, bulatkan tekad untuk mencapai berkah ramadhan
    #OSISSMKYADIKABANGIL

  6. Saya Rahayu irmawati, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa walau terhalang oleh wabah-wabah disekitar kita,hindari dan ikuti larangan pemerintah,selalu taat kepada Allah dan menjalankan ibadah puasa dengan cara yang sederhana, Alhamdulillah sudah di adakan pondok romadhon,tetap jaga diri,pakai masker selalu dan hindari kontak keramaian.
    #dirumahaja

  7. Assalamualaikum Wr Wb.
    Marhaban Ya Ramadhan
    Saya Nadhifatul Islamiyah
    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
    Semoga Dapat Menambah Iman Dan Ketaqwaan Pada Diri Kita Masing Masing
    Tetap Semangat Menjalankan Ibadah Puasa Di Rumah,Tetap Jaga Kesehatan #Dirumahsaja

  8. Alhamdulillah, kita masih diberikan nikmat bertemu dengan Romadhon yang penuh berkah. Mari kita hadapi situasi saat ini dengan penuh kesabaran dengan semangat muhasabah diri agar semakin meningkat keimanan dan ketaqwaan kita. Bolehlah raga kita tetap di rumah namun semangat belajar haruslah merdeka. Dan Pondok Romadhon melalui LMS SMK Yadika merupakan wadah kemerdekaan kita dalam belajar dalam situasi saat ini. Mari kita jaga kesehatan diri dan orang yang kita sayangi dengan beraktifitas dan tetap belajar dari rumah saja.

  9. السلام عليكم ورحمه الله وبركاته
    Puni syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan keberkahan di bulan suci Ramadhan ini. Ramadhan kali ini berbeda dengan biasanya ramadhan kali ini harus STAY AT HOME di karenakan adanya virus covid 19. Meskipun itu tidak pernah mensurutkan kita untuk berpuasa, sodaqoh , mengaji , mencari keberkahan di bulan ini , Berlomba lomba dalam kebaikan karena pahalanya di limpa gandakan di bulan Ramadhan ini. Keberkahan bulan ramadhan ini semoga bisa menghilangkan atau menyelesaikan covid 19. Karena bulan ramadhan ini bulan yang suci berkah, bukan hanya di umat Islam saja tetapi buat seluruh alam semesta ini . Semoga covid-19 segerah terselesaikan dan ia kembali kepada yang penciptanya , karena sebagaimana punt virus tersebut di ciptakan oleh tuhan yang maha kuasa dan akan kembali kepadanya . Supaya semuanya bisa melaksanakan kegiatan seperti biasanya atau dalam keadaan normal . امين يا رب العالمين
    Sekian dari saya mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang tepat maupun salah mohon maaf yang sebesar-besarnya.
    والسلام عليكم ورحمه الله وبركاته
    #Osis skadika

  10. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.
    #OSISSKADIKA
    #PASKADIKA

  11. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.
    #OSISSKADIKA

  12. اَلسَّلاَمُ حَلَيْكَمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتَهُ
    Saya M.Tanzilal Azizi mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa walau oleh wadah- wadah di sekitar lingkungan kita. Alhamdulillah kita sudah diadakan pondok romadhon dirumah karena ada kondisi darurat covid-19 sekarang ini. Dan selalu taat kepada allah swt

    • Saya DimasYusufQordlawy , mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa walau oleh wadah- wadah di sekitar lingkungan kita. Alhamdulillah kita sudah diadakan pondok romadhon dirumah karena ada kondisi darurat covid-19 sekarang ini. Dan selalu taat kepada allah swt

  13. Saya Ervian, salah satu murid Nonmuslim dari SMK Yadika Bangil mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H untuk teman-temanku serta para guru SMK Yadika Bangil. Semoga di pekan suci ini kita semua di beri berkah dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa di tengah-tengah pandemi COVID-19.
    #stayathome
    #keepspirit

  14. assalamualaikum.

    saya M.SUFI KHOIR
    mengucapkan SELAMAT MENGGUNAKAN IBADAH PUASA 1441 H.
    tetap semangat menjalani puasa,meskipun di tenga – tenga,wabah COVID – 19

    #TETAP DI RUMAH

  15. Saya IQBAL MUZAQQI , mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa walau terhalang oleh wabah-wabah disekitar lingkungan kita, Alhamdulillah kita sudah diadakan pondok romadhon dirumah karena ada kondisi darurat covid-19 sekarang ini. Dan selalu taat kepada allah swt

  16. Saya MUHAMMAD LUTFI,mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa 1441H Alhamdulillah kita sudah diadakan pondok romadhon dirumah karena ada kondisi darurat covid-19 sekarang ini. Dan selalu taat kepada allah swt.
    # dirumah saja

  17. assalamualaikum.

    saya: M.SUFI KHOIR
    mengucapkan selamat PUASA 1441 H
    tetap semangat menjalakan ibadah puasa mengkipun di bulan yang suci ini kita mengalami musibah yang sangat dasyat ya itu wabah COVID -19

    #tetap di rumah

  18. Assalamualaikum

    Saya MUHAMMAD LUTFI,mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa 1441H Alhamdulillah kita sudah diadakan pondok romadhon dirumah karena ada kondisi darurat covid-19 sekarang ini. Dan selalu taat kepada allah swt.
    # dirumah saja

  19. Assalamualaikum.

    Marhaban ya ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba.saat untuk lebih mendekatkan diri pada-nya.menjauhi keburukan,memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa. Alhamdulillah, kita bertemu lagi dengan bulan puasa ramadhan, bulan penuh mutiara hikmah.ini semua berkat hikmat-mu ya allah. Semoga ramadhan ini kita bisa lebih baik, dari ramadhan sebelumnya.

    #OSIS YADIKA BANGIL

  20. Saat ini kita di Lockdown, tapi jangan bikin puasa jadi down, Meski Ramadhan kita jalani dirumah, jangan sampai kita lupa ibadah, Perbanyak ngaji, bukan perbanyak janji, Waktunya memohon agar badai virus corona segera berhenti, Agar kita bisa saling bersilaturrahmi dihari yang fitri. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

  21. Marhaban ya Ramadhan. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah.
    Mari tingkatkan keimanan dan takwa,Memperbanyak Ibadah dan Menjauhi keburukan.
    Semoga dibulan ini diampunkan segala dosa.
    Marhaban ya Ramadhan 1441 H.
    Selamat menunaikan ibadah puasa.

    #OSIS SMK YADIKA BANGIL

  22. Perubahan diri memerlukan perjuangan bukan sekadar diam, dibulan ramadhan nanti adalah salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk memicu perubahan, selamat datang ramadhan.
    Marhaban ya ramadhan
    # OSIS SMK YADIKA BANGIL

  23. Raih keberkahan & kebahagiaan berpuasa di bulan ramadhan meski ditengah pandemi covid – 19. #stay at home#

  24. Selamat datang Ramadhan … Berjalan dengan rendah hati, berbicara dengan sopan, berpakaian rapi, memperlakukan dengan ramah, berdoa dengan penuh perhatian dan menyumbang dengan murah hati. Semoga Allah memberkati dan melindungi Anda semua.

  25. السلام عليكم ورحمه الله وبركاته
    Marhaban ya Ramadhan dimana bulan yang penuh berkah ini marilah kita banyak banyak melakukan kebaikan dan saling memaafkan sesama umat manusia karena keberkahan Ramadhan ini tidak hanya untuk Islam saja tetapi bagi agama lainya yang menghormati kita yang sedang berpuasa بارك الله bulan yang penuh ampunan dan limpahan pahala barokah dari Allah SWT
    جزاكم الله خيرا كثيرا و سلام عليكم

  26. Assalamualaikum Wr. Wb

    Marhaban ya Ramadhan.
    Bulan suci penuh ampunan telah tiba,mari kita semua senantiasa berbuat baik meningkatkan iman dan taqwa dan memohon ampunan pada ilahi. Semoga puasa kita lancar sampai menuju hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri, meskipin sekarang dunia dilanda musibah yaitu wabah corona, dan semoga wabah ini cepat berakhir dan kita bisa beraktifitas seperti semula.
    Marhaban ya Romadhan
    Selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H.

    #StayAtHome
    #alwaysHealty

  27. Marhaban ya ramadhan di bulan yang penuh berkah ini bersihkan hati jernihkan pikiran dan sucikan perbuatan. Selamat menunaikan ibadah puasa

  28. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan 1441 H. Perbanyak ibadah selama bulan Ramadan , semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah SWT ,menjadi orang yang mutaqin, aamiin 🤲

  29. Assalamualaikum wr wb.
    Marhaban ya Ramadhan. Sambutlah bulan Ramadhan dengan hati yang dipenuhi kedamaian, harmoni dan sukacita. Semoga berkah ilahi dari Allah melindungi dan membimbing kami semua. Semoga anda menjalani Ramadhan yang penuh berkah. Ramadhan itu ibarat hujan… ia memelihara dan menyuburkan benih-benih perbuatan baik.
    Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin🙏

  30. Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Amelia Syakira mengucapkan
    Marhaban ya Ramadhan.
    Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia.
    Menyambut bulan yang penuh berkah ini, kurang lengkap kalau belum mengucapkan selamat puasa Ramadhan. Ada begitu banyak cara untuk memberikan selamat puasa. Setidaknya ucapan ini bisa jadi salah satu tanda saling menghormati satu sama lain. Juga, dapat mempererat tali silaturahmi dan menghangatkan hati.
    Jika ada kesalahan kata saya mohon harap dimaklumi dan saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin.

  31. Assalamualaikum wr.wb
    Saya dewi faridatul adha
    Mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H. Tetap semangatnya menjalankan ibadah puasa. Karena ada kondisi darurat covid -19 saat ini.

  32. Menyambut bulan yang penuh berkah ini, kurang lengkap kalau belum mengucapkan selamat puasa Ramadhan. Ada begitu banyak cara untuk memberikan selamat puasa. Setidaknya ucapan ini bisa jadi salah satu tanda saling menghormati satu sama lain. Juga, dapat mempererat tali silaturahmi dan menghangatkan hati.

    Sucikan hati agar berpuasa lebih bermakna. Semoga kemenangan dan hidayah kita dapatkan

  33. Menyambut bulan yang penuh berkah ini, kurang lengkap kalau belum mengucapkan selamat puasa Ramadhan. Ada begitu banyak cara untuk memberikan selaumat puasa. Setidaknya ucapan ini bisa jadi salah satu tanda saling menghormati satu sama lain. Juga, dapat mempererat tali silaturahmi dan menghangatkan hati.

    Selamat menjalankan ibadah puasa, jangan jadikan puasa alasan untuk bermalas-malasan tetap semangat menjalankan rutinitas kita

  34. Assalamualaikum Wr Wb.
    Marhaban ya ramadhan bulan suci penuh berkah telah tiba saatnya kita lebih mendekatkan diri kepada nya menjauhi segala keburukan dan memperbanyak amal ibadah dengan segala kerendahan hati.

    Saya M.Syaifuddin Zuhri mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa 1441 H .
    Alhamdulillah pondok ramadhan siswa siswi smk yadika bangil tetap di adakan meskipun pondok ramadhan di tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dikarenakan di bulan yang sangat suci dan mulia ini ada kondisi darurat Covid-19 sekarang ini.

    Semoga puasa kita, semua ibadah dan amal kebaikan kita semua di terima oleh Allah Ta’ala dan semua dosa kita diampuni oleh nya… Aamiin

    # Stay At Home

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.